Laman

Selasa, 07 Desember 2010

jalan jalan yang menyenangkan



Sungai Cikaso di tatar Sunda pakidulan adalah salah satu sungai yang jadi favorit saya. Kenapa ? Ada bagian sungai sekitar hampir > 10 km yang relatif lurus. Sudah beberapa kali saya kesana. Untuk bermain, menikmati panorama sepanjang sungai sampai muara. Malahan saya pernah (saat itu masih ada vila dekat muara). Biasanya saya kalo bareng-bareng berangkat pake perahu dari pangkalan dekat jembatan. Pernah pula, saat banjir besar saya melihat Cikaso lagi "murka". Air naik hampir sekitar 5 meter ! Warung dan rumah dibawah jembatan terendam air yang berwarna coklat dengan suara gemuruh dan arus membawa batang pohon menyapu sekitarnya ! (bisa juga untuk olah raga "extreme" arung banjir !). Tapi kalo lagi ramah, airnya tenang dan relatif jernih. Memang agak kehulu dari jembatan adan riam-riam kecil yang bisa dipake untuk arung jeram. Aki "mimpi" Adia. Seandainya bagian sungai ini ditata dengan baik (dari semua segi) dan menarik; bisa menjadi tempat rekreasi keluarga yang potensial. Canoeing, kayaking dan olahraga air bisa dilakukan ! Atau melihat-lihat perkebunan karet. Mau olah raga naik tebing juga, ada tebing yang bisa didaki dan curam, atau mau mancing. Rumah penduduk yang ada disepanjang tepian sungai bisa menjadi "homestay" untuk yang berkunjung. Ada orang yang jualan degan, buah-buahan, makanan dan kerajinan masyarakat, dll. Asal ditata dan dan dibina dengan baik pasti masyarakat akan senang ! Pokoknya lingkungan, konservasi dan wisata jalan dengan baik dukungan masyarakat. Kapan mimpi ini terwujud. Semua sungai yang mengalir ke selatan di tatar Sunda senangi; sekitar Pangandaran, Batu Karas, Cijulang, Cipatujah, Cibuaya, Cidaun, Cikarang, Ciletuh, Cimandiri, Cimadur, dll. Airnya (sebagian) masih bersih (potensi sumberdaya air tawar !, perikanan). Sekitar 500-600 meter dari jembatan ada air terjun yang cukup baik untuk dilihat. saya berharap suatu ketika saya (mungkin dengan ayah dan ibu) bisa menyaksikan (seandainya masih ada) keindahan-keindahan yang telah dikaruniakan Alloh SWT kepada kita.
saya waktu ke Cikaso kali ini bareng sama ujang miptah (anak mamang). Ya paling tidak bisa memperlihatkan dia dari sisi lain.
Di bantaran sungai cikaso sebelah kanan kalo kita menyusuri sungai cikaso maka kita akan mendapat kan Air terjun yang diberi nama Air terjun Panganten menurut beberapa sumber dari masyarakat pemandangan yang indah apa lagi di waktu musim penghujan karena air terjunnya mengeluarkan air yang deras. Dan banyak para turis yang datang ke sana. Ini buka promosi loh tapi mengajak mengunjungi wisata tersebut.

3 komentar:

  1. Ah.. urang mah beres....
    Tapi bwt kalian yg blm pernah.. boleh dcoba.. tmpatnya lumayan bagus.. sblum nyampe ksna kita hrus naek sampan.. Pokonya MANTAB DAH!!

    BalasHapus
  2. Ih dasar jadul
    mani can nyaho cikaso acan ..........................

    BalasHapus

silahkan tinggalkan komentar anda